Kewirausahaan

Sunday, June 23, 2013



Nama               : Fandi Tri Laksono
NIM                : C31120310
Prodi               : Produksi Ternak
Mata Kuliah    : Kewirausahaan


Diera globalisasi ini kita harus jeli dalam membaca peluang usaha. Peluang usaha itu muncul kapan saja dan dimana saja. Peluang selalu ada, asal anda mau bekerja keras, ide sekecil apapun bias menjadi peluang. Hal yang terpenting di dalam mengenali peluang adalah kecermatan mengamati lingkungan disekitar diri sendiri. Ini merupakan salah satu cara mudah dalam menemukan ide usaha. Untuk menjadi seorang wirausahawan dibutuhkan pengorbanan jumlah waktu yang begitu besar, kerja keras, dan berani mengambil resiko. Keberhasilan di dalam kegiatan wirausaha akan terwujud apabila tanggauh menciptakan inovasi baru. Untuk menjadi wirausaha, kita harus kreatif membentuk ide, dan menciptakan suatu barang atau produk usaha. Untuk mendapatkan ide tersebut, anda harus mau melakukan evaluasi dan pengamatan terus – menerus terhadap lingkungan sekitar.
            Di kabupaten Jember tempat saya tinggal banyak terdapat beberapa kegiatan usaha seperti, toko, mall, seper market, pedagang, petani, dan perternakan. Akan tetapi potensi usaha tersebut tidak dilakuakan secara maksimal, karena sumber daya manusia di kabupaten saya masih kurang. Potensi usaha yang akan saya bangun di kabupaten saya adalah ayam petelur, ayam arap, dan telur puyuh, karena di kabupaten saya usaha itu masih minim dan orang sukar untuk melakukan usaha tersebut. Denga skala 100000 ekor ayam petelur, 50000 ekor ayam arab, dan 10000 ekor burung puyuh, saya berharap dengan adanya usaha ini di setiap kecamatan, bisa mengurangi dan memenuhi permintaan pasar di kabupaten saya.

0 komentar:

Post a Comment